Senin, 06 Maret 2017

Bahagia Menikah Lagi

"Memangnya mengurus perceraian itu susah, ya?" tanya saya saat sedang makan malam bersama beberapa orang teman. "Kok kata si X (teman saya yang cuitannya sedang saya baca), ribet sih ngurus cerai?"

Lalu jawaban-jawaban bersahutan: "Prosesnya emang panjang sih katanya." "Bukannya itu tuh ada mediasi pengadilan dulu ya?" "Ah, ngga susah kali. Temen lo aja yang ngebet mau nikah lagi."

Teman-teman semeja saya saat itu sebagian belum menikah, sebagiannya lagi masih menikah, jadi maklum kalau pertanyaan saya malah jadi ajang "katanya" dan "kayaknya".


Di antara orang-orang yang kemudian bercerai, sebagian ada yang menikah lagi. Buat saya sih nggak masalah. Lha iya, wong hidup juga hidup mereka. Saya kan nggak ikutan patungan buat resepsinya.

..gimana mau urusin resepsi orang, ini resepsi sendiri aja nggak jelas kapan.

Hehe. Bercanda deng!

Tapi sungguh, buat saya itu bukan masalah. Ketimbang habis cerai trus menikah lagi, lebih bermasalah orang yang diam-diam menikah lagi, sih, menurut saya. Ehm.

Makanya saya nggak habis pikir dengan orang-orang yang iseng banget bergunjing, "Ih kok dia cepet banget sih nikah laginya?" "Ih kok resepsinya nggak ngundang banyak orang, sih? Malu kali ya?"

Doh. Dia nikah lagi, bukan korupsi. Apanya yang memalukan, sih?

Barangkali mempelai ingin hari pernikahannya dihadiri oleh orang yang memang benar berarti bagi mereka. Barangkali mempelainya mau liburan ke Maldives dan harus atur anggaran. Sah aja, kan?

Beberapa orang yang saya tahu menikah lagi, toh bahagia-bahagia aja hidupnya. Bahkan mereka mengaku lebih bahagia dibandingkan saat mereka menjalani pernikahan sebelumnya. Jadi, di mana letak masalahnya?

..mungkin terletak di hati orang-orang yang iri karena pernikahannya sendiri nggak bahagia.

Memang butuh hati lapang untuk berbahagia atas kebahagiaan orang lain. Apalagi di saat kita merasa tidak bahagia dan tidak berani mengusahakan kebahagiaan kita sendiri.

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/food-couple-sweet-married-2226/

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting