Sabtu, 25 Februari 2017

"Happy?"

Baru saja melihat video di Instagram, seorang selebgram menghadiahi istrinya sebuah MacBook Pro yang baru. Itu lho, MacBook yang ada Touch Bar-nya. Bukan, pos ini bukan membahas spesifikasi MacBook yang baru. Saat video hampir berakhir, sebuah pertanyaan tertangkap telinga saya.

Pertanyaan yang ditanyakan oleh si pemberi hadiah ke istrinya, "Happy?"

Lalu istrinya menjawab dengan senyum sumringah, "Happy!"


Pertanyaan yang paling melekat di kepala saya sejak kecil seusai menerima hadiah adalah, "Bilang apa dong?" yang kemudian saya jawab dengan, "Terima kasih." sambil tersenyum manis. Mungkin didikan tersebut memang tepat, pada saatnya. Namanya juga anak kecil, harus berulang kali diingatkan agar bisa menginternalisasi perilaku jadi kebiasaan.

Lalu suatu hari eks-pasangan saya menghadiahi saya sesuatu. Meskipun lupa hadiahnya apa, saya seeeenang sekali. Saya buka bungkus plastiknya perlahan karena takut dusnya rusak. Lalu dia bertanya, "Senang?"

Saya menghentikan aktivitas, "Eh. Maaf aku lupa. Thank you." ujar saya malu, merasa ditegur karena lupa berterima kasih.

Laki-laki di depan saya ini dahinya lantas berkerut, bingung. Namun kemudian mengerti maksud saya. Kecerdasannya sering berguna untuk mendeduksi pola perilaku saya yang sepertinya tampil berulang kali. "Aku nggak menyindir. Aku bertanya. Kamu senang dengan hadiahnya?"

"Senang. Senaaaang sekali."

"Good. Soalnya kuberikan bukan supaya kamu berterima kasih padaku, Dear. Aku memberimu hadiah supaya kamu senang."

Lagi-lagi saya tersenyum. Dipikir-pikir benar juga ya, tujuan memberi hadiah kan supaya menyenangkan penerimanya. Maksudnya hadiah-hadiah yang tulus bagi orang terdekat, bukan hadiah normatif yang dipesan semata demi beramah-ramah dengan kolega. Kalau penerimanya sudah senang, tercapailah maksud kita memberikan hadiah.

Lain kali memberi hadiah, saya juga mau tanya hal yang sama, ah!

"Senang?"


Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/sunset-girl-women-photography-17694/

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting