Rabu, 19 Oktober 2016

Kencan

Suatu hari, saya main ke rumah Uti--sahabat saya. Di rumah, Uti (saat itu) tinggal bersama bude--(saudara Ibu yang lebih tua)--nya. Saya lupa untuk urusan apa, mungkin lagi kangen aja sama Uti.

Tenang aja, saya yakin Uti nggak baca blog saya kok :p

Budenya Uti ini tidak menikah, hidup sendiri (kecuali kalau Uti mampir berkunjung) dan benar-benar mandiri. Mandiri artinya tanpa asisten rumah tangga, pergi ke gereja, beli sarapan, belanja, dan masak makanan sendiri. Meskipun beliau sudah agak pikun.

Di keluarga besar saya, ada beberapa tante dan om yang juga tidak menikah. Tapi tante dan om di keluarga saya tidak tinggal sendiri seperti budenya Uti. Sebagai orang yang mudah kesepian, saya nggak bisa membayangkan hidup sendiri seperti budenya Uti. Jadi, mumpung saya di sana.. Saya manfaatkan waktu untuk menemani bude mengobrol.

Saat tengah bercerita (entah tentang apa), bude berujar: "Iya, kemarin kan Uti ada kencan sore-sore. Pulangnya malam, bude sampai nggak bisa tidur nungguin. Meskipun Uti bawa kunci kan, bude tetap khawatir."

Saya langsung menoleh ke Uti, galak. Bukan karena Uti membuat khawatir bude, tapi lebih ke: "OH LO ADA GEBETAN BARU TAPI NGGA CERITA KE GUE?"

..ya maklum, namanya juga cewek yang sahabatan. Gitu lah. Ngerti kan? Iya. Gitu.

Trus Uti (yang sadar kalau beberapa detik lagi saya akan mengomel panjang) langsung berbisik ke saya, "Bude emang gitu, kencan tuh bukan berarti dating tapi janjian. Janjian sama siapa aja dia bakal sebut kencan."

Oh.

Saya yang sok filosofis langsung berteori ngawur semacam: "Berarti orang zaman dulu mengangap kencan adalah janji, ya? Sayang banget kalau anak muda zaman sekarang bisa kencan sana sini seenaknya dan menganggap itu hal yang remeh."

Hah, anak muda zaman sekarang? Itu mah lo aja kali, Ul!

Trus sore ini saya nemu pengertian kencan yang BENAR! Iya saudara-saudara, berikut adalah arti kata KENCAN yang benar. Bukan yang ngawur semacam analisis saya hari itu.



Ternyata bude Uti sudah menggunakan kata kencan dengan benaaaar!
*sungkem

Omong-omong, akhir pekan besok udah ada jadwal kencan?

Belum?

Nomor mantan masih ada, kan? #eh

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting