Senin, 21 Juli 2014

Baju Lebaran

Di negara tempat saya tinggal, Indonesia ada fenomena unik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Department store akan penuh sesak oleh orang-orang yang berbelanja. Seperti umumnya menyambut hari besar, banyak hal yang tiba-tiba naik prioritasnya menjadi kebutuhan primer. Salah satunya baju lebaran.

Baju lebaran adalah baju yang sengaja dibeli untuk dikenakan pada perayaan Idul Fitri. Modelnya berganti tiap tahun, biasanya sih berpotongan panjang karena menyesuaikan hari besar agama.

Di rumah saya, Mama tidak membiasakan anak-anaknya mengenal istilah baju lebaran. Meskipun kami sekeluarga memang punya baju dengan bahan sama yang biasanya dipakai untuk mendatangi Open House di hari besar dan acara lain seperti undangan pernikahan tapi tidak ada baju dengan kategori baju lebaran di lemari kami.

Istilah baju lebaran adalah baju-baju yang dibeli Mama untuk dibagi-bagikan ke banyak orang. Baju-baju koko (baju muslim pria dewasa) dan tunik (untuk yang wanita) serta baju muslim warna-warni aneka ukuran untuk anak-anak bersama-sama kami bungkus untuk diberikan ke orang-orang dekat yang selama ini sudah berjasa bagi kami.

Saya ingat beberapa tahun lalu, Adik saya memprotes mama dengan ucapan, "Ma, kok Sumi (anak bungsu asisten rumah tangga kami) dibeliin baju lebaran? Adek aja nggak pernah beli baju lebaran."

"Sama seperti kenapa Allah memerintahkan kita supaya membagi-bagikan daging ke banyak orang yang membutuhkan di Hari Raya Idul Adha. Supaya di hari yang sama, tidak ada orang yang bersedih. Supaya mereka bisa merasakan apa yang biasanya tidak mereka dapatkan. Kalau untuk membeli baju baru, apa kamu harus menunggu lebaran, Dik? Di antara baju-bajumu yang bagus itu, ada hak Sumi di dalamnya. Kita memberikannya waktu lebaran."

Adik saya diam, saya nggak paham apakah penjelasan Mama bisa diterima olehnya. Tapi yang jelas dia sekarang lebih mudah menyisihkan baju-bajunya yang masih layak untuk diberikan ke orang lain dibandingkan sebelumnya. Hehehe.

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting