Sabtu, 31 Agustus 2013

#Tips patah hati

"Take your sad time first.
Masalah sebesar cinta itu tidak boleh dipura-purakan tegar dan fine.." -BD

Iya, setuju!
Pas patah hati, ngga usah pake senyum palsu, ketawa maksa, sambil bilang kalo lo baik-baik aja. Tambah sakit yang ada.

Ada tips sederhana buat menyembuhkan patah hati.

Gini, kasi diri lo satu hari. Satu aja jangan banyak-banyak.
Satu hari buat baca chat history, liat album foto, kepoin twitter, baca blog, terserah apapun yang ngingetin lo sama mantan lo.

Abis itu, nangis. Mau sampe ingusan seember juga nggak masalah!
Nangis aja, kalo capek ya tidur. Perkara lo bangun trus nangis lagi, iya lanjutin aja!
Kalo belom cukup, telpon mantan lo. Bilang lo kesel, bilang dia jahat, bilang lo nyesel, terserah lo mau bilang apa. Dia mikir lo nggak waras juga nggak masalah!

Udah? Oke udah.
Udah lega?

Abis itu, hapus semua kontaknya, hapus apapun yang bisa ngingetin lo sama manis dan sakitnya. Ngga pake tapi-tapian udah hapus pokoknya!

Tidur. Besok pagi senyum depan kaca.
Mata lo mungkin bengkak karena kebanyakan nangis, tapi hati lo semoga aja udah lega.

It works on me!
Semoga lekas baikan ya..
:)

Hi Diary!

Malam ini cukup istimewa buat gue.
Terlepas dari hal-hal kurang menyenangkan sesiangan, gue bersyukur Tuhan ngasi hal-hal manis malam ini. Alhamdulillah.

Oiya, post ini mengandung curhat yaa..
;)

Banyak hal yang nggak kita inginkan namun tetap harus kita terima. Banyak. Banget.
Misalnya, kenyataan bahwa orang yang pernah ada di hati kita nggak sebaik yang kita kira, nggak setia seperti apa yang kita harapkan.

Atau kenyataan bahwa harapan yang kita gantungkan pada seseorang terlalu besar sampai akhirnya berbalik menyakiti diri kita sendiri. Pahit, tapi harus diterima. Tidak menyenangkan, tapi semoga mendewasakan.

Gue merasa terlalu bodoh untuk nangis berulang-ulang untuk cerita yang sama.
Cerita soal perempuan yang kelewat percaya sama dongeng-dongeng, perempuan yang selama ini teracuni oleh akhir bahagia selamanya, perempuan yang akhirnya sakit sendiri karena patah hati.

Kasian kalo temen-temen gue mesti denger cerita yang sama, nangis yang sama, cuma tokoh utamanya aja beda. Kasian juga followers gue kalo musti liat sampah-sampah curhat gue berkeliaran di linimasa.

Writing heals.
Makanya gue lalu berinisiatif beli diary.
Kayak apa yang dulu gue lakuin dari jaman SD sampe awal SMA, nulis lagi, cerita lagi sama si buku tebal itu. :))

I should stop crying and start writing!
Of course I will..
:)

Jumat, 30 Agustus 2013

Percayalah,

"Kamu harus meninggalkannya Far," ucap sahabatku suatu hari tentang Zandi. Ah, Naya seperti biasa selalu saja berlebihan soal lawan jenis. "Dia bukan lelaki baik, aku bisa tau dari matanya."

Aku tertawa ringan, membuka kulkas lalu mencari-cari jus tomat yang biasanya tak pernah absen berdiri di rak sebelah kiri. "Jus tomatku dimana, Nay?"

Naya datang, masih dengan raut kesal karena gagal meyakinkanku. "Far, demi kebaikanmu sendiri.. Kamu harus meninggalkannya."

"Lalu patah hati? Meninggalkan orang yang kucintai karena firasatmu?" balasku sekenanya, sebenarnya aku lebih kesal karena jus tomat yang kucari tidak ketemu dibandingkan dengan obrolan yang menjadikan Zandi sebagai tersangka utama.

"Fara, percayalah.. Aku sahabatmu."

"Naya, percayalah.. Aku bisa menjaga diriku sendiri."

Bulan-bulan berlalu, Naya berhenti bicara soal Zandi. Dalam hati aku senang meskipun penasaran tentang hal yang mengubah pendapat Naya sebelumnya. Hubungan kami kiat lekat dan indah, meskipun sekali-dua kali terdapat pertengkaran kecil yang biasa disebut orang bumbu-bumbu dalam hubungan.

Sampai suatu siang aku datang lebih awal, menuju ke apartemen Zandi. Satu ekor bebek bumbu merah yang jadi kesukaan kami ada di tangan kananku. Aku yakin, Zandi pasti akan senang luar biasa. Dengan kunci ganda yang sudah dipercayakan Zandi untukku, aku masuk.

Disana, di celah pintu yang terbuka. Rasanya aku ingin menyanggah indera visualku, rasanya aku ingin mengulang hari ini dari awal dan mengubah rencanaku untuk datang.

'Naya, percayalah.. Sahabat harusnya tidak meniduri pacar sahabatnya sendiri.'

Jogja istimewa!

Jogja jadi salah satu destinasi favorit keluarga gue untuk liburan. Selain karena tempatnya nggak begitu jauh dan bisa ditempuh dengan beberapa pilihan kendaraan (mobil, kereta, atau pesawat), tempat ini juga semacam kota romantisnya mama papa (embuh karena apa).

Berikut ini sharing kegiatan makan-makan keluarga gue yaaa..
Semoga membantu buat yang mau main kesini..

Morning, Jogja!
Jajan Pasar
Jajan pasar adalah jajanan tradisional kebanyakan daerah di Jawa, kebanyakan ditemui di daerah Jawa Tengah sampai Jawa Timur. Kalau di Surabaya, jajan pasar ini beneran dijual di pasar. Entah kenapa di Jogja juga dinamain jajan pasar, padahal nggak dijual di pasar. Isinya macem-macem, ada lupis, kelanting, jagung, dan tiwul. Gue biasanya cuma pesen kelanting (yang warna merah muda) aja. Setelah kita milih, jajanannya dikasi gula merah cair dan parutan kelapa.

Nasi Pecel
Nasi Pecel setau gue asalnya dari Madiun, julukan buat kota Madiun adalah kota nasi pecel, soalnya (sampe ada patungnya segala). Tapi Makanan ini udah banyak dikenal, kok. Kayaknya satu familia sama gado-gado, karedok, atau lotek karena sama sama nasi+sayur+bumbu kacang. Bedanya cuma di varian sayur sama mi goreng yang jadi tambahan nasi pecel di Jogja. Nasi pecel biasanya dimakan pagi-pagi untuk sarapan. Lauknya bisa pilih sendiri, ada sate udang, sate telur puyuh, bakwan, burung dara goreng, atau tahu tempe bacem.


Sop Ayam Pak Min
Sop Ayam Pak Min, gue baru pertama kali nyobain Sop Ayam Pak Min. Di brosurnya sih cabangnya udah banyak di berbagai daerah, bahkan udah buka di Tangerang juga (tapi tetep gue belom pernah makan). Pas gue kesana ramenya Subhanallah! Tapi pelayanannya cepet dan penjualnya disiplin dalam mengantarkan pesanan sesuai dengan urutan, kok.


Ukuran porsinya sedang, artinya nggak bikin kenyang banget tapi ya cukup buat dikategorikan sebagai makan berat. Rasa kuahnya ringan, kalau doyan pedas disediakan sambel tambahan dan kecap juga bagi yang doyan manis. Rasa sambelnya harus dicoba! Jangan lupa tambah perasan jeruk nipis biar makin segar!

Malamnya kita sekeluarga jalan ke Malioboro, karena hampir tiap tahun ke Jogja jadi ya jarang niat belanja ke Malioboro. Kita duduk-duduk sambil ngobrol atau foto-foto aja sambil nunggu perut lapar lagi.



Setelah lapar menyerang, kita berangkat ke jakal (Jalan Kali Urang) untuk cari sate. Sebenarnya alasan kita pergi kesana adalah daerah malioboro yang tempat makannya rame persis Kakbah pas lagi lebaran haji.



Di warung sate ini, sate kambingnya empuk! Mungkin karena kambing muda ya?
Kata Mama kambing muda itu semacam kambing-kambing yang masih ABG trus udah dipotong buat dijadiin sate :'(


Gule dan tongsengnya juga enak, kuahnya nggak terlalu berat tapi tetep terasa rempahnya. Dagingnya lembut, udah nggak ngerti lagi deh jelasinnya. Enak pokoknya enak! 




Besok paginya kita sekeluarga jalan-jalan pagi. Tujuan utamanya cari sarapan, tujuan sampingannya ya olahraga. Berhubung ini di Jogja dan kita belum makan gudeg sama sekali, baiklah akhirnya menuju ke jalan wijilan.



Jalan Wijilan adalah sentra gudeg di Jogja. Sepanjang jalan isinya rumah makan gudeg yang pemiliknya beda-beda. Semacam berbeda-beda tapi tetap satu gudeg gitulah.
Nggak usah takut nggak kebagian tempat makan disini, semua ibu-ibu yang tinggal di jalan ini gue rasa jualan gudeg, jadi nggak bakal penuh sampe nggak dapet tempat.

Gudeg Jogja


"Jogja dan mamamu itu sama, nduk. Papa nggak bisa berhenti jatuh cinta meskipun terus-menerus datang kesini."

Kamis, 29 Agustus 2013

Am I okay?


Like I used to say, I will be just fine..

Social attitude test

I've just tried a social attitude test here
and this is the result!


Idealist with several strong opinions, am I? 

Rabu, 28 Agustus 2013

Melepaskanmu

"Letting go is not as easy as they said."

Ijinkan aku menjelaskan, semoga kamu mengerti mengapa melepaskanmu tidak semudah mengijinkan hatiku jatuh dan berpasrah pada takdir tentang perasaan yang kian hari kian tinggi mengangkasa.

Melepaskanmu artinya merelakan perempuan lain bersandar di dada bidangmu, mendengarkan degup jantungmu yang makin cepat saat pelukan makin erat kulingkarkan.

Melepaskanmu artinya menghapus mimpi-mimpiku yang diawali dengan kata 'kita'.
Lantas bagaimana kabar pekarangan rumah impian kita yang akan ditumbuhi bunga warna-warni kesukaanku? Atau daftar negara yang harusnya kita kunjungi bersama?

Melepaskanmu artinya mengubah doaku setiap malam, membiarkan Tuhan menjagamu dengan caraNya, membiarkan aku dan kamu bahagia meskipun tak bersama.

Melepaskanmu artinya membiarkan perempuan lain menjadi alasan senyum dan tawamu. Tidak lagi mengharapkan kamu datang menjenguk saat tamu bulananku terasa menyakitkan.

Melepaskanmu artinya berhenti melangkah dan menerima saja apa yang ditakdirkan semesta untukku, berhenti menangis dan membiarkan semua air mata yang terlanjur tumpah menyatu dengan tanah.

Melepaskanmu artinya belajar berbesar hati, menerima keadaan dan mulai membuat rencana-rencana baru. Berhati-hati agak tidak lagi dilukai, menyusun hati yang patah, melengkungkan senyum meskipun terasa sakit pada awalnya.

Melepaskanmu, tidak semudah yang dikatakan orang-orang terdekatku.
Tapi kuyakin, mempertahankanmu pun akan sia-sia jadinya.

Nikah aja kita,

"Kalau nanti umur 30 lo masih single, udahlah gue lamar aja ya? Nikah aja kita." -A, 2 tahun lalu.

Jadi ceritanya tadi gue lagi baca novel, trus nemu kalimat yang isinya sama kayak kalimat di atas. Ceritanya disitu dua pemeran utamanya nikah, sih.

Yaudah gitu aja.

Selasa, 27 Agustus 2013

Body Language: Pupil Mata

Kita bisa tau apakah seseorang tertarik pada kita hanya dengan melihat ukuran pupil matanya? Apa iya?

Pasti pernah denger soal body language atau bahasa tubuh, kan?

Menurut salah satu buku yang pernah gue baca, bahasa tubuh adalah sinyal yang datang dari alam tak sadar (unconcious) dan dapat dijadikan dalam mengindikasikan sebuah persepsi atau pemikiran tertentu dari subyek yang menunjukkannya.

Contoh yang paling umum dan sering kita dengar adalah membesarnya ukuran pupil mata. Secara tidak sadar, pupil mata kita akan membesar ukurannya saat melihat sesuatu yang menarik. Hal ini sudah didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh American College of Medical Hypnotists.

Persepsi menarik ini tentunya berbeda bagi setiap orang. Misalnya, buat gue hal-hal yang mengandung unsur kuliner dan warna oranye adalah hal yang menarik. Sedangkan buat orang lain, warna biru dan hal-hal yang berhubungan dengan otomotif bisa jadi kelihatan lebih menarik.

Kriteria menarik ini selain pada benda juga berlaku pada orang alias kecengan atau gebetan. Cewek tinggi yang rambutnya panjang bisa jadi menarik buat si A, tapi cewek pendek dengan rambut pendek mungkin lebih menarik buat si B.

Gue lupa pernah baca dimana, katanya kita bisa tau bahwa seseorang tertarik sama kita saat kita melihat ukuran pupil matanya membesar waktu memandangi kita.

Setelah membaca hasil penelitian trus ditambah dengan pernyataan yang gue lupa sumbernya tadi, gue rasa penarikan kesimpulannya sederhana. Saat seseorang tertarik sama kita maka menurut dia kita adalah pemandangan yang menarik. Itulah alasan mengapa ukuran pupil matanya membesar saat dia memandangi kita, right?

Awalnya gue seneng-seneng aja sih sama fakta dan hasil penelitian di atas. Malahan pas lagi dating sama pacar (dulu tapinya, pas masih punya pacar) gue sering dengan sengaja memperhatikan ukuran pupil matanya.

Pacar pasti mengira bahwa gue lagi sok romantis karena ngeliat dia right on his eyes tapi sebenarnya gue cuma mau melakukan observasi apakah pupil matanya membesar pas dia lagi ngeliat gue. Yah, anggap saja ini double benefits buat gue. Selain pacar menganggap gue romantis, gue bisa sekalian melihat apakah menurutnya gue kelihatan menarik.

Hal ini sebenarnya bisa jadi sumber pertengkaran juga, misalnya aja pas ada cewek lain yang lewat trus ternyata ukuran pupil mata pacar kita membesar pas lagi mencuri pandang ke cewek itu.

Syukurlah gue nggak pernah ngalamin yang kayak gitu, soalnya kalo hal itu sampe terjadi dan ketauan—berarti racun tikus yang udah gue siapin di laci kamar akhirnya kepake juga meskipun nggak buat ngeracun (meracuni.red) tikus (baca: buat ngeracun pacar).

Buat para cewek yang baca post ini, jangan keburu seneng dulu sama ‘membesarnya ukuran pupil mata’ ini. Dr Edward H. Hess menemukan bahwa ukuran pupil dari pria normal besarnya menjadi dua kali lipat saat melihat gambar dari seorang wanita yang sedang telanjang.

Jadi buat para cewek, pas lo lagi saling memandang di suasana romantis sama pacar lo dan ukuran pupil pacar lo menjadi dua kali lebih besar dari biasanya.
The first question you should ask him: “KAMU LAGI BAYANGIN AKU TELANJANG? HAH?”

Little girl expressions

I took the pictures of this little girl before praying Eid.
Cute!

Turqoise!!

Eid Mubarak People!

SURABAYAAAA!!!

Suroboyo Statue
So I spent this Eid Mubarak holiday in Surabaya..
There are some pics.
Arki-Me-Adit
Entahlah ini maksudnya bergaya apa.. :'))
Ini perjuangan bikin foto berlima setelah shalat Ied...
:'))

Mamanya aku cantik ya.. :3

Just married!! :)




Gaulnya ngga kuat budheeee... :')


"David sini foto sama nenek, abis itu boleh main iPad.." | *lalu nurut*


Jagoan-jagoannya akuuuu!

Iwak Manuk, Semarang

Semarang identik sama Lumpia.

Orang yang pergi ke Semarang biasanya bakal nyari lumpia, entah untuk dimakan sendiri, atau dibawa sebagai oleh-oleh.
Tapi ternyata kekayaan kuliner Semarang tidak terbatas pada lumpia saja.


Di Jalan Raya Randugarut KM 12 ada Warung Iwak Manuk.
Sesuai dengan namanya, (Iwak dalam bahasa jawa yang berarti lauk dan Manuk yang berarti burung) warung makan ini menyediakan berbagai macam burung/unggas sebagai lauk pauk.

Warungnya sederhana, cuma seperti warung makan pinggir jalan biasanya. Tapi katanya saat jam makan siang, antrinya bisa mengular panjang dan tempatnya ramai pengunjung.


Sebenarnya warung makan ini menyediakan cukup banyak pilihan daging unggas antara lain, burung dara, burung puyuh, bebek dan ayam. Namun yang istimewa adalah menu burung belibis dan blekok (burung kuntul).



Berhubung gue udah pernah makan jenis yang lain kecuali burung puyuh dan burung kuntul, jadilah gue membeli dua menu itu. Oiya, selain pilihan daging unggas yang disediakan, warung makan ini juga terkenal dengan rasa sambelnya.

Sambel ijo yang dibuat dari cabe hijau segar dengan campuran minyak bekas menggoreng burung dimakan bersama lalapannya yakni daun singkong rebus.
Sensasinya panas dan gurih!

Tekstur burung puyuhnya lembut, cuma saran gue kalau mau makan puas jangan cuma pesan satu ekor karena mungil-mungil ukurannya. Burung Kuntulnya juga enak meskipun teksturnya agak alot dibandingkan dengan burung puyuh atau ayam.


Sekian, semoga bisa memperkaya wacana tentang kuliner nusantara.
Ingat ya, Semarang bukan cuma tentang Lumpia saja..
:))

Kios Kelinci di Pati

Menurut Wikipedia, Kabupaten Pati adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Pati. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Rembang di timur, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan di selatan, serta Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di barat.

Ada apa di Pati? Kompleks pabrik Dua Kelinci.
Bagi yang suka mengonsumsi kacang kulit atau cemilan yang berbahan dasar kacang pasti familiar dengan merek ini. Tapi ternyata produk Dua Kelinci bukan cuma kacang kulit.


Di kompleks pabrik Dua Kelinci ini, selain pabrik juga ada toko oleh-oleh yang diberi nama Kios Kelinci yang juga merupakan ikon di Pati. Disini juga disediakan fasilitas restoran, ATM, Mushola, dan Toilet yang bersih.



Souvenir


Kacang Lofet, kesukaan Mam
Produk yang menarik perhatian dan baru gue temui adalah 'Kacang Dingin'.
Kacang Dingin ini dikemas dalam gelas dan disimpan dalam lemari pendingin. Unik kan?
Kacangnya juga lembut meskipun masih terbungkus kulitnya.

Kacang Dingin
 Selain itu juga ada kelinci bertanduk yang diawetkan dan dipajang di dalam kios bernama "Jackalope". Katanya sih kelinci ini bisa niruin suara manusia, agak serem sih ya.. 
-____________-"
Jackalope
Baiklah, yang kebetulan melewati kios kelinci di Pati jangan lupa mampir yaaaa!
Ngga bakalan nyesel!
:)
 

Template by Best Web Hosting