Jumat, 22 November 2013

Interview!

Di kampus  gue , di mata kuliah Psikodiagnostik III diajarkan tentang interview. Mulai dari seperti apa interview dalam setting psikologi, fungsinya, teknik pelaksanaannya dan (yang paling menguras hati) membuat laporan interview.
Pertama kali praktik tentang teknik interview, gue sangat bingung dalam hal 'menjalin good rapport'. Menjalin good rapport ini penting agar interviewee (orang yang di-interview) merasa nyaman dan mengungkapkan banyak hal kepada kita (interviewer).

Awalnya masih menyapa dengan sapaan garing seperti, "Cuacanya diluar cerah ya," atau "Gimana, tadi sudah sarapan?" Tapi lama-kelamaan Alhamdulillah sudah mulai menggunakan kalimat lain yang lebih 'waras' sebagai 'senjata' menjalin good rapport.
Let's make an ugly pose!
 Pada mata kuliah ini juga, penampilan menjadi satu aspek yang cukup penting dan diperhatikan dalam penilaian. Kami diminta menggunakan setelan resmi, seperti kemeja dan celana kain untuk laki-laki dan kemeja dengan rok untuk perempuan. Untuk mahasiswi malah biasanya diminta untuk menggunakan high heels dan rambut dicepol rapi.

Setelan rapi membuat kami, mahasiswa/i yang mengikuti mata kuliah ini menjaga sikap dan perilaku kami agar pantas dan profesional. Meskipun gue (yang sangat tidak betah menggunakan rok resmi) selalu mengganti rok dengan celana panjang saat kelasnya selesai. Hehehe.
Selain sikap dan perilaku, hal yang tidak kalah pentingnya adalah awareess terhadap gesture interviewee. Kami diminta untuk paying attention terhadap gesture yang ditampilkan oleh interviewee supaya kami mengetahui apakah interviewee sudah merasa nyaman dan mengungkapkan penyataan yang sebenar-benarnya (that's why lying to psychology student is a bad idea, bro!). LOL!
'ceritanya' belajar
Tapi meskipun tuntutan menguasai teknik interview kadang memusingkan dan laporan yang harus dikumpulkan sangat menyebalkan, tetap saja banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan bersama dengan teman-teman kesayangan.

Foto-foto ini diambil seusai bimbingan interview dan tanpa make up karena bangun kesiangan dan harus buru-buru ke kampus. Hehehe.
XOXOXO
I love you guys!
<3

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting