Jumat, 17 Mei 2013

Live Up the Expectation

Ada satu istilah dalam Psikologi Sosial yang sekarang membuat gue sangat berhati-hati dalam men-cap seseorang.

LABELLING.
Labelling atau pemberian label biasanya akan mendorong si objek untuk menjadi seperti peran yang sudah diasosiasikan padanya.

Misalnya seorang anak yang sudah di-cap bandel oleh gurunya, maka ia cenderung untuk memenuhi cap/label tersebut dengan menjadi anak bandel.

Daripada memberikan tanggapan pada seseorang, "Kok lo sering telat sih?" lebih baik menonjolkan sisi positif yang ada di diri dia, "Eh kalo lo dateng rapatnya lebih hidup, coba aja lo datengnya lebih awal.."

Kemarin gue baru aja mengeluh soal sesuatu sama seseorang. #apasih
Tema keluhannya sederhana sih, gue merasa dituntut terlampau tinggi sama orang-orang sekitar. 

Lalu si orang tersayang itu berkata, "Live up the expectation."
Simpel. Tapi bermakna.

Gue rasa ini semacam konsep labelling yang dibalik.
Kalo udah dikasi label 'mampu' dan 'bisa' ya kenapa nggak sekalian aja dibikin beneran 'mampu' dan 'bisa' kan?

:)

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting