Senin, 17 September 2012

Overall we are just human

"Kadang menjadi psikolog itu menimbulkan dilema. Kita akan senantiasa dituntut untuk menjadi panutan tentang berperilaku yang baik, stabil, tenang, dan lebih mahir meregulasi emosi. Padahal, even a psychologist also a human.." - Bang Peter

Gue inget banget kalimat itu diucapkan oleh seorang dosen yang sangat dan masih gue kagumi sampai sekarang pada mata kuliah Pengantar Psikologi di semester 1.

Awalnya gue tidak menganggap serius kalimat itu,
malah gue menganggap hal itu sebagai hal yang positif buat diri gue.
"Kalau memang lingkungan menuntut untuk jadi lebih baik, kenapa enggak kan?"

Tapi dalam prosesnya, ternyata enggak juga.
Banyak hal dalam hidup yang tidak semudah kelihatannya,
ini mungkin masuk ke dalam salah satunya.

Kuliah di jurusan psikologi memang mengasah empati, meningkatkan kemampuan mendengar, dan mengubah diri gue menjadi lebih peka sama orang lain.
Tapi sama seperti apa yang dibilang Bang Peter, overall we're just human..

Dalam sebuah relasi yang lebih dekat misalnya,
gue merindukan saat saat dimana gue bisa marah tanpa penjelasan
atau ngambek cuma karena gue nggak suka kalimat yang diucapkan ke gue.

Tapi tentunya itu bukan hal yang bijak untuk dilakukan kan?

Dibanding marah tanpa penjelasan (silent treatment) gue sekarang lebih memilih untuk terus terang mengenai apa yang gue rasakan, memberikan penjelasan tentang penyebab perasaan gue, lalu memberikan informasi mengenai apa yang gue harapkan dari partner gue di masa depan apabila kita terjebak dalam situasi yang sama.

Dan memang tidak setiap waktu gue merasa lebih baik setelah menyelesaikan masalah dengan cara yang ada di dalam buku. Call me childish, indeed I am. -.-

And for you,
I maybe soon to be a psychologist.
I may learn many ways to solve problems efficiently.
Overall, I'm just your girl, I'm just human.
I may cry out loud, mad for no reason, being so annoying in my PMS period.
But that what I am in whole package.

One thing you should know,
I'll stand by you, listen to you, hold you every time you feel so weak and tired.
Forever doesn't exist dear, but I'll do like it does..

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting