Selasa, 06 Maret 2012

Jadi bodoh. #posting-random

Hari ini gue mendapatkan pelajaran yang cukup worthy buat di-share..

Pelajaran ini dimulai dari sebuah cerita panjang,
Tadi siang gue mengikuti suatu mata kuliah, nah di mata kuliah ini dosennya banyak banget melemparkan pertanyaan ke mahasiswa.
Misalnya,

Dosen (D): "Iya, apa yang dimaksud stimulus?" (melempar pandangan ke seluruh kelas)
Mahasiswa (M): "Rangsang pak,"
D: "Tukang mi goreng juga tau stimulus itu rangsang.." (senyum)
***JLEB*** 
(kalian musti tau kalo M yang dimaksud di atas adalah gue)
M (yang lain): "Stimulus adalah hal-hal di lingkungan yang memancing respons.."
D: "Ada yang lain?" (melempar pandangan lagi)
M: "Menurut saya stimulus itu engga harus ada di luar pak, dari dalam diri juga bisa.."

atau,
D: "Jadi sebenarnya energi fisik itu apa?"
M: "Suara, pak?"
D: "Bukan, suara itu energi fisiknya dalam bentuk apa?"
***Yaaaak, salah lagi***
(kalian juga musti tau M yang ini gue lagi)

Iya, memang begitulah gue, sering jawab pertanyaan meskipun bentuknya lebih mirip ceplosan. Kadang orang nganggepnya becanda, kaya waktu itu..
D: "Hal paling penting kalau kita sudah melakukan rangkaian yang harus dilaksanakan dalam sebuah penelitian adalah?"
M: "Berdoa.."
**Sekelas ketawa**
Padahal demi Tuhan gue ga ada niat buat ngelawak.. --"

Ada orang yang sepanjang kuliah dieeeeeem aja, engga berani jawab, engga berani kasi komentar.
Alasannya cuma karena, takut dianggep bodoh.
Padahal menurut gue, justru kalo kita punya kebiasaan kaya gini dalam belajar malah akan menyulitkan di hari ke depannya.

Cukup jelas kan? Kalo kita engga tau, trus engga berani nanya kita jadi tetep engga tau.
Kalo engga tau ini numpuk, lama lama kita jadi bodoh..
Tadinya gamau nanya gara-gara takut dianggep bodoh, malah jadi bodoh beneran..
Jadi, beranilah bertanya mulai sekarang..
:))

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting